Tips Atasi Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Tips atasi nyeri pinggang pada ibu hamil

Tips atasi nyeri pinggang pada ibu hamil

Tips atasi nyeri pinggang pada ibu hamilradangnyerisendi.com – Nyeri pinggang selama kehamilan merupakan salah satu hal yang lazim terjadi pada seorang wanita hamil. Tak jarang para bunda yang mengalaminya merasa tidak nyaman dan tidak bisa melakukan aktivitasnya secara maksimal. Pada umumnya, ada beberapa penyebab yang menyebabkan sebagian ibu hamil mengalami nyeri pinggang, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Melemahnya otot-otot pada perut anda. Seiring dengan membesarnya rahim sangat berpengaruh pada pusat gravitasi, sehingga otot-otot perut anda melemah dan memberikan tekanan pada punggung anda.
  • Kelebihan berat badan, juga dapat menjadi faktor nyeri pinggang pada ibu hamil. Itu di sebabkan otot banyak bekerja dan menyebabkan stres pada sendi.
  • Perubahan hormon saat kehamilan. Itu berakibat pada pelonggaran sendi dan ligamen, sehingga tulang panggul anda bergeser ke belakang dan menyebabkan sakit pada pinggang bunda.

Tips atasi nyeri pinggang pada ibu hamil

Meski bukan hal yang mengejutkan, masalah tersebut harus tetap mendapatkan perhatian. Dan kini bunda tak perlu khawatir lagi saat mengalami nyeri pinggang, karena sekarang kami akan merekomendasikan beberapa tips aman serta mudah untuk di lakukan bagi bunda di rumah. Dan untuk mengetahui lebih lengkapnya, bunda dapat menyimak ulasan yang berikut ini.

Gunakan pakaian yang tepat

Gunakanlah pakaian dan celana khusus untuk ibu hamil. Gunakanlah sepatu berhak rendah yang di dukung dengan lengkungan yang tepat. Anda juga dapat menggunakan ikat pinggang yang rendah atau memakai sabuk yang di rekomendasikan secara khusus untuk wanita hamil. Walaupun riset mengungkap efektivitas sabuk sangat terbatas, namun beberapa wanita hamil menyatakan bahwa penyokong tambahan tersebut sangat menolong.

Tidur dengan arah menyamping

Jika anda tidak ingin atau sedang mengalami sakit pinggang ada baiknya anda tidur dengan posisi menyamping. Jangan tidur dengan posisi dengan menggunakan punggung anda. Pastikan salah satu atau kedua lutut anda di tekuku. Anda juga dapat mnempatkan bantal di antara lutut atau tubuh bagian bawah anda untuk membantu posisi tidur anda.

Mengompres dan Memijat bagian Pinggang

Saat bunda sedang mengalami nyeri pinggang, bunda dapat menggunakan bantalan panas untuk memberikan kehangatan di punggung bunda. Bunda juga dapat meminta pertolongan orang lain untuk menggosok dan memijat punggung bunda. Dan alangkah baiknya bunda menjadwalkan untuk pijat sebelum melahirkan.

Melakukan Kegiatan fisik

Aktivitas fisik reguler bunda dapat membantu punggung bunda tetap kuat dan menyembuhkan sakit punggung bunda selama kehamilan. Dengan persetujan dokter, bunda dapat mencoba lakukan aktivitas ringan atau olahraga kehamilan seperti berjalan kaki dan senam ibu hamil.

Bunda dapat merenggangkan punggung bawah bunda. Istirahatkan tangan dan lutut bunda dengan kepala sejajar dengan punggung. Tarik perut dan putar punggung secara perlahan. Tahan beberapa detik, kemudian rilekskan perut dan punggung anda secara perlahan. Pastikan punggung anda agar tetap datar. Ulangi berturut-turut sebanyak 10 kali.

Pertimabangan terapi-terapi lengkap

Beberapa penelitian menyarankan bahwa akupuntur dapat mengatasi sakit punggng dalam masa kehamilan. Pengobatan chicopratic dapat memberikan kesan kenyamanan bagi sebagian wanita. Namun sebelum itu, bunda harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter, karena terdapat sebagian kecil kemungkinan sakit pinggang yang bunda alami merupakan suatu gejala dari faktor lain.

Mengangkat benda dengan posisi yang tepat

Jika anda akan mengangkat benda yang kecil, berjongkoklah lalu angkat dengan menggunakan kaki bunda. Jangan menekannya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung bunda. Penting pula untuk mengetahui batas kemampuan bunda. Jika bunda merasa tidak sanggup, bunda dapat mencari bantuan.

Berlatih sikap tubuh yang baik

Pada wanita hamil, gravitasi tubuh mereka berubah ke depan, itu di karenakan sang janin yang di kandung hari demi hari mengalami perkembangan. Untuk mencegah agar anda tidak terjatuh akibat beban ini, bunda dapat mencari sandaran untuk punggung bunda. Berikut ada beberapa prinsip sikap tubuh yang baik untuk mencegah dan mengatasi nyeri punggung saat kehamilan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Berdiri dengan baik.
  • Tarik dagu anda tinggi-tinggi.
  • Ketika duduk, pastikan pundak anda bersandar ke belakan dengan rileks.
  • Jangan mengatupkan lutut anda.

Bersikap tubuh yang baik juga dapat di artikan dengan kehati-hatian. Pilihlah kursi yang dapat menyokong punggung bunda, ataupun bunda dapat menempatkan bantal kencil untuk menyokong punggung anda. Jaga punggung dan leher bunda dalam keadaan lurus dan nyaman. Bunda juga dapat memepertimbangkan untuk menyangga kaki bunda pada bangku yang lebih rendah. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi nyeri pinggang atau punggung pada ibu hamil.

Namun apabila sakit punggung bunda tak kunjung mereda dan berkepanjangan, bunda dapat meredakannya dengan mengonsumsi obat sakit pinggang herbal, yang tentunya aman untuk ibu hamil ataupun langsung memerikasakan diri anda ke dokter.

Nah itulah Tips atasi nyeri pinggang pada ibu hamil yang dapat kami sampaikan untuk para bunda pada kesempatan kai ini. Terimakasih telah menyimak artikel kami di sela waktu kesibukan bunda. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Selamat berjumpa kembali pada artikel yang berikutnya.

Baca juga artikel yang lainnya:

Tips Atasi Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil | radangnyerisendi | 4.5