Mengetahui Tahapan Proses Penyembuhan Patah Tulang

Tahapan proses penyembuhan patah tulang menjadi judul artikel yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang mana sebagai pelengkap daripada artikel yang telah kami sampaikan sebelumnya seputar cara menyembuhkan patah tulang dengan cepat. Adapun untuk infomasi selengkapnya akan kami uraiakan pada ulasan singkat berikut ini.

Tahapan proses penyembuhan patah tulangPerlu untuk anda ketahui, bahwasannya penyembuhan patah tulang atau menyambungnya kembali tulang yang patah adalah proses alami dan otomatis setelah terjadinya patah tulang (fracture) yang di sebabkan oleh faktor apapun.

Nah, penyembuhan patah tulang sendiri di definisikan senagai pemulihan stabilitas mekanik, kontinuitas dan kemampuan tulang dalam menopang beban secara normal. Proses penyembuhan ini pada umumnya selalu di pantau  melalui sinar x atau menggunakan rongsen secara berkala untuk mendeteksi adanya kelainanan atau masalah karena tidak selalu proses penyembuhan tersebut berjalan secara normal.

Tahapan proses penyembuhan patah tulang normal

Agar penyembuhan dan penyambungan patah tulang terjadi secara normal, maka tentunya sejumlah persdyaratan perlu di penuhi, beberapa di nataranya seperti:

  • Suplai darah yang utuh (viabilty of fragment), yang artinya fragment tulang yang patah tersebut, jaringan masih tersuplai darah dengan baik dan masih hidup.
  • immobilitas, tulang yang patah tidak boleh bergerak, sehingga ada baiknya menggunakan bidai  atau menggunakan fiksasi internal.
  • Tidak ada infeksi

Adapun tahap-tahap proses penyembuhan patah tulang adalah sebagai berikut:

  • Tahap pertama Peradangan (inflamation)

Tulang patah baik baik secara terbuka maupun tertutup dapat menimbulkan pendarahan sekecil apapun dan kondisi tersebut dapat membuat jaringan di sekitarnya menjadi meradang yang di tandai dengan adanya pembengkakan, memerah, teraba hangat dan tentunya terasa sakit. Tahap ini akan berlangsung  di mulai pada saat patah tulang terjadi dan berlangsung selama 2 hingga 3 minggu.

  • Tahap 2: Pembentukan kalus halus (soft callus)

Antara 2 hingga 3 mingu setelah cidera maka rasa sakit hingga pembengkakan akan mulai menghilang. Nah, pada tahap penyembuhan patah tulang ini, terbentuk kalus yang halus di kedua ujung tulang yang patah sebagai cikal bakal yang menjembatani penyambungan tulang namun kalus ini belum dapat terlihat oleh rongsen. tahap ini pada umumnya berlangsung hingga 4-8 minggu setelah cidera

  • Tahap 3: Pembentukan kalus keras

Antara 4 hingga 8 minggu, tulang baru menjembatani fraktur (soft callus berubah menjadi hard callus) yang mana hal tersebut mulai bisa di lihat dengan menggunakan x-ray atau rongsen. Dengan waktu 8-12 minggu setelah cedera, maka rulng baru telah mengisi fraktur.

  • Tahap 4: Remodelling tulang

Di mulai sekitar 8-12 minggu setelah cedera, sisi fraktur mengalami remodelling (memperbaiki atau merombak diri) memperbaiki setiap cacat yang mungkin tetap sebagai akibat dari cidera. Dan inilah tahap akhir penyembuhan patah tulang yang dapat bertahan hingga beberapa tahun.

Tingkat penyembuhan dan kemampuan untuk meromabak (remodelling) pada tulang yang telah bervariasi untuk setiap orang yang bergantung pada usia, kesehatan, jenis  fraktur dan tulang yang terlibat. Seperti halnya, anak-anak mampu sembuh dan merombak fraktur lebih cepat di bandingkan dengan orang dewasa. Dan adapun waktu penyembuhan rata-rata patah tulang untuk setiap jenis patah tulang adalah sebagai berikut:

– Tulang jari: 3 minggu
– Tulang metacarpals (telapak tangan): 4-6 minggu
– Distal radius: 4-6 minggu
– Tulang lengan bawah: 8-10 minggu
– Tulang lengan atas (humerus): 6-8 minggu
– Tulang pada bagian leher (Femoralis neck): 12 minggu
– Tulang paha bagian poros (femoral shaft)
– Tulang tungkai bawah dan tulang kering (tibia dan fibula): 10 minggu

Nah selain dari pada itu, dokter anda akan memperjelas dan menerangkan secara lengkap perihal tahapan proses penyembuhan patah tulang secara normal, jika tidak di sertai dengan gangguan kesehatan lainnya. Dan jangan lupa untuk mempercepat proses penyembuhan, bantu dengan mengonsumsi obat patah tulang alami dari QnC Jelly Gamat secara teratur ya! Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.

Mengetahui Tahapan Proses Penyembuhan Patah Tulang | radangnyerisendi | 4.5