Sering Nyeri Punggung? Kenali Berbagai Penyebabnya Disini!

Sering nyeri punggung tentunya sangatlah mengganggu kenyamanan, bahkan dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari. Untuk itu, sebaiknya kondisi tersebut segera diatasi dengan perawatan dan pengobatan yang tepat. Namun sebelum itu, ada baiknya anda juga mengenal berbagai penyebab sakit unggung berikut ini.

penyebab nyeri punggung

Sakit punggung dapat diartikan sebagai sensasi sensorik yang tidak menyenangkan, yang sering kali di kaitkan dengan adanya kemungkinan keruksakan jaringan di sepanjang tulang belakang, dasar leher hingga tulang ekor. Adapun gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, serta cenderung memburuk di tengah malam.

Berbagai penyebab sering nyeri punggung yang perlu anda ketahui

Sama halnya dengan penyebab sakit pinggang, pada kebanyakan kasus, nyeri punggung sejatinya tidak disebabkan oleh cidera maupun penyakit yang bersifat serius. Adapun penyebab paling umum adalah keseleo, cidera ringan, saraf kejepit atau teriritasi hingga ketegangan otot.

Posisi duduk, berdiri dan mengangkat benda secara tidak tepat juga sering kali menjadi pemicu kondisi ini. Namun terkadang, nyeri punggung bawah, atas maupun samping juga bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabanya yang jelas. Misal, sebagian orang yang bangun di pagi hari tiba-tiba dapat merasa nyeri punggung tanpa mengetahui penyebabnya.

Dan berikut ini adalah berbagai hal lain yang dapat menyebabkan anda mengalami nyeri punggung:

  • Posisi tubuh yangsalah saat mengangkat, membawa, menekan atau menarik sesuatu
  • Peregangan tubuh yang berlebihan
  • Posisi duduk yang tidak benar
  • Membalikan badan secara tiba-tiba
  • Berkendara dalam waktu yang lama atau dalam posisi membungkuk tanpa jeda
  • Gerakan buuk yang dilakukan secara brulang juga dapat memicu otot bekerja secara berlebihan.

Selain dari pada itu, terdapat beberapa kondisi juga yang dapat membuat anda beresiko mengidap nyeri punggung. Diantaranya seperti stres dan deprei, berat badan yang berlebihan, tambahan massa janin yang dikandung wanita hamil, merokok hingga mengonsumsi obat-obatan seperti steroid dalam jangka panjang.

Meski begitu, terdapat juga beberapa kondisi yang lebih serius, namun bersifat jarang yang dapat memicu terjadinya sakit punggung. Diantaranya seperti:

– Infeksi ginjal. Dapat bermula dari kandung kemih atau saluran uretra yang naik menuju ginjal.
– Osteoartritis, merupakan kondisi paling umum dari arthritis berupa keruksakan tulang tawan sendi.
– Osteoporosis atau kondisi berkurangnya kepadatan tulang
– Penyakit paget pada tukang atau gangguan pada regenerasi jaringan tulang lama dan tulang baru.
– Sakrolitis: Peradangan pada sendi sakroilak yang menghubungkan tulang belakang bagian bawah dengan panggul.
– Skoliosis: Tulang belakang berbentuk menyerupai S yang dapat terjadi antara lain karena kelumpuhan otak atau penyakit otot.
– Stenosis tulang belakang: Menyempitnya kanal didalam tulang belakang.

Nah, itulah berbagai penyebab sering nyeri punggung yang sebaiknya anda ketahui. Jika anda kini telah mengetahui pemicu anda mengalami nyerio punggung, anda bisa langsung mengatasinya dengan cara yang tepat ataupun memeriksakannya pada dokter. Salam sehat!

Sering Nyeri Punggung? Kenali Berbagai Penyebabnya Disini! | radangnyerisendi | 4.5