Pertolongan Pertama Mengalami Keseleo Atau Terkilir Pada Kaki

Pertolongan pertama mengalami keseleo maupun terkilir pada kaki maupun bagian tubuh lainnya, sebaiknya perlu anda ketahui. Dengan begitu, penyembuhan keseleopun dapat berlangsung dengan cepat dan tidak berkembang menjadi lebih parah.

pertolongan pertama mengalami keseleoApakah anda pernah mengalami keseleo maupun terkilir? Ya, tak sedikit orang baik itu anak maupun dewasa pernah mengalami hal ini. Meski nampak sama, ternyata keseleo maupun terkilir memiliki definisi yang berbeda. Adapun keseleo sendiri merupakan cedera yang diakibatkan oleh peregangan otot yang melebihi kapasitas normal.

Sedangkan terkilir adalah salah satu jenis cidera ligamen yang diakibatkan oleh robeknya serat-serat pada ligamen. Ligamen sendiri merupakan pita kuat dan elastis yang menghubungkan tulang dengan tulang, sekaligus menahan persendian agar tetap ditempatnya. Ligamen ini sendiri dapat sobek sebagian, ataupun bisa terkoyak sepenuhnya.

Namun meski begitu, baik keseleo maupun terkilir sering terjadi pada bagian sendi, salah satunya seperti pada pergelangan kaki dan lutut. Adapun ligamen yang bermasalah pada umumnya akan mengalami pembengkakan dengan cepat dan terasa menyakitkan. Bahkan semakin besar pembengkakan dan rasa nyeri yang dialami, maka dapat diartikan semakin parah pula cedera yang dialami.

Adapun terdapat beberapa tanda yang patut anda curigai yang menandakan pergelangan tangan, kaki maupun lutut mengalami cidera seperti halnya rasa sakit atau nyeri berdenyut, pembengkakan, area yang bermasalah terasa lunak dan hangat dan juga memar. Adapun untuk cidera ringan, anda bisa memulai pengobatannya dengan melakukan pertolongan pertama cedera keseleo dan terkilir yang dapat anda lakukan di rumah.

Pertolongan pertama mengalami keseleo dan terkilir yang perlu anda

Adapun jika anda mengalami keseleo maupun terkilir, anda bisa melakukan pertolongan pertama yang tepat dengan mengikuti intruksi berikut.

1. Lindungi area tubuh yang keseleo

Hal ini bertujuan untuk mencegah cidera lanjutan dengan menggunakan penyangga. Adapun dalam kasus pergelangan kaki yang keseleo atau terkilir, pakai sepatu yang bisa meninggikan dan mendukung kaki anda.

2. Istirahatkan

Sebaiknya segera hentikan aktivitas yang menyebabkan cidera tersebut. Istirahatkan anggota tubuh yang bermasalah. Sebisa mungkin jangan tempatkan beban berat pada area yang terkilir selama 48 jam.

Namun meski begitu, bukan berarti anda sama sekali menghentikan produktivitas harian anda. Bahkan pada kasus keseleo pergelangan kaki, anda masih bisa melatih otot-otot lain. Seperti halnya, menggunakan sepeda listrik yang memfokuskan latihan pada engan, anda bisa melatih kedua lengan anda dan kaki yang sehat, sambil mengistirahatkan kaki yang cidera.

3. Kompres es batu

Anda juga bisa memanfaatkan kompres dingin atau[un bongkakahan se batu yang buat diplastik sebagai cara pertolongan pertama ketika keseleo selanjutnya. Caranya cukup dengan menempelkan es yang telah dibalut dengan kain diatas area yang membengkak dalam 48-72 jam setelah cidera selama 20-30 menit setiap 2-3 jam sekali.

Hal ini sangat berguna untuk membatasi perkembangan bengkak setelah cidera. Jika anda menggunakan kompres es batu, sebaiknya jangan terlalu lama meninggslkn kompres diarea cidera, untuk mencegah terjadinya keruksakan jaringan.

4. Menggunakan perban khusus keseleo

Segera pebn daerah yang terkilir untuk membatasi pembengkakan dan terlalu banyak pergerakan yang dapat menyebabkan kerusakan lanjutan. Anda dapat menggunakan perban elastis sederhana atau jenis perban yang terbuat dari neoprene. Semua ini bisa anda dapatkan di apotek terdekat. Darah yang bermasalah harus terbalut dengan pas dan nyaman. Tidak terlalu ketat sampai membatasi aliran darah. Lepaskan perban sebelum tidur.

5. Angkat

Apabila kaki anda mengalami keseleo atau terkilir, maka sebaiknya sangga kaki yang bermasalah tersebut untuk meninggikan posisinya diatas jantung selama 48 jam pertama.

6. Minum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri Non-steroidial ani-inflammatory (NSAID) seperti asam mefenamat, ibuprofen, paracetamol, atau panadol untuk meredakan nyeri dan peredangan. Namun demikian, obat-obatan ini memiliki beberapa efek samping seperti halnya meningkatkan resiko pendarahan dan ulkus. Obat ini sebaiknya digunakan dengan bijakasana dan konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Selain dari pada itu, ada beberapa hal yang perlu di hindari selama mengalami cidera keseleo maupun terkilir. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Panas, misal berendam dia ir panas, sauna atau koyo panas.
  • Alkohol, mengonsumsi alkohol akan meningkatkan pendarahan dan juga pembengkakan sekaligus memperlambat proses pemulihan.
  • Berlari, atau jenis olahraga lainnya yang dapat memperparah cidera.
  • Pijat, ini juga akan meningkatkan resiko pendarahan dan juga pembengkakan.

Adapun untuk lamanya waktu pemulihan keseleo atau terkilir akan tergantung pada tingkat keparahan cidera. Pada umumnya anda akan bisa pulih dan berjalan dalam 1-2 minggu setelah insiden. Anda mungkin dapat kembali menggunakan pergelangan tersebut dengan nyaman dalam 6-8 minggu setelahnya, dan dapat berolahraga kembali seperti sebelumnya dalam 8-12 minggu kedepan.

Nah itulah beberapa pertolongan pertama mengalami keseleo atau terkilir pada kaki yang bisa anda lakukan. Adapun jika keseleo anda tak kunjung sembuh meski telah melakukan beberapa hal diatas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penangan selengkapnya. Salam sehat!

Pertolongan Pertama Mengalami Keseleo Atau Terkilir Pada Kaki | radangnyerisendi | 4.5