Penyebab Sakit Leher Belakang Dan Kaku

Penyebab sakit leher umumnya terjadi akibat hal sepele yang tidak sadari sebelumnya seperti posisi tidur yang salah, bekerja di depan komputer atau laptop terlalu lama, masalah otot yang terkilir, postur leher yang salah akibat terlalu sering menunduk atau mengadah. Kondisi ini juga sering kali di sebabkan oleh ketegangan otot leher yang terjadi akibat kecemasan dan stres.

penyebab sakit leherKondisi tersebut tak jarang menjadi penyebab sakit leher sebelah kiri maupun kanan belakang menjadi kaku dan tak jarang rasa sakit menjalar ke leher belakang, pundak, punggung sampai kepala. Adapun penyebab sakit leher setelah bangun tidur umumnya di sebabkan akibat alah tidur atau kita sering menyebutnya dengan salah bantal.

Namun, selain dari pada itu, masih banyak lagi penyebab sakit leher tegang lainnya yang berhubungan dengan kondisi medis baik yang bersifat ringan hingga bersifat kronis yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Faktor penyebab sakit leher belakang dan kaku

1. Cedera. Penyebab nyeri di leher belakang lainnya juga dapat di sebabkan akibat kecelakaan mobil atau motor, jatuh dari ketinggian, terpeleset, pukulan yang tepat ke arah wajah atau kepala bagian belakang dan atas, ataupun cidera yang terjadi pada saat olahraga.

2. Tortikolis akut. Yaitu kondisi leher terasa kaku pada satu posisi setelah bangun tidur ataupun terasa sakir pada saat anda akan mencoba mengubah posisi. Pada umumnya kondisi ini di sebabkan akibat adanya cidera pada otot leher. Kondisi ini pula di picu akibat tidur tanpa menggunakan penopang leher atau membawa tas dengan membawa beban yang berat pada salah satu sisi lengan. Kondisi ini umumnya bisa bertahan satu sampai dua hari bahkan selama satu minggu.

3. Whiplash. Adalah sututu kondisi dimana leher mengalami ceidera yang dimana disebabkan pada saat kepala bergerak mundur kemudian maju secara tiba-tiba yang mendorong otot leher dan ligamen untuk bergerak di luar kisaran normal. Dan kondisi ini pula yang dapat memicu leher terasa sakit.

4. Spondilosis servukal. Kondisi ini terjadi akibat saraf terjepit pada bagian leher. Umumnya terjadi pada orang yang telah berusia lanjut dimana diskus atau celah di antar tulang mulai kehilangan kandungan air pada usia lanjut. Akibatnya diskus diantara tulang belakang menjadi tidak lentur seperti sebelumnya. Maka tak jarang kondisi ini pun menjadi penyebab sakit pada leher sebelah kiri maupun sebelah kanan.

5. Keruksakan sendi. Seiring bertambahnya usia, sendi-sendi yang ada di dalam tubuh kita pun bisa mengalami keausan. Dan tak jarang kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah sendi seperti osteoarthritis, reumatoid arthritis pada leher.

6. Meningitis. Adalah peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Gejala khas yaitu leher kaku dan terasa sakit yang pada umumnya di sertai dengan sakit kepala dan demam tinggi. Jika anda menglami gejala-gejala tersebut sebaiknya anda langsung memeriksakan kondisi anda tersebut ke dokter.

7. Flu. Kondisi ini sering kali membuat seluruh anggahota badan terasa sakit termasuk bagian leher.

8. Fibromialgia. Adalah kondisi yang sering kali menyebabkan penyebaran rasa sakit pada jaringan otot dan jaringan lunak.

9. Kanker dan HIV. Kedua kondisi ini akan berdampak kepada melemahnya sistem kekebalan tubuh. Yang mana dampaknya menyebabkan bagian tubuh terasa sakit salah satunya adalah bagian leher.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit leher belakang dan kaku yang dapat kami sampikan pada kesempatan kali ini. Jika penyebabnya ringan, maka sakit leher pun akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, apabila penyebab sakit leher berkepanjangan, anda sebaiknya periksakan kondisi anda ke ahli medis. Atau anda juga dapat mengonsumsi obat sakit leher belakang dan kaku alami QnC Jelly Gamat Ampuh, Bergaransi juga tanpa efek samping. Klik → Cara pesan QnC.

Penyebab Sakit Leher Belakang Dan Kaku | radangnyerisendi | 4.5