Penyebab Jari Tangan Kaku Dan Sakit Selain Trigger Finger

Penyebab jari tangan kaku dan sakit menjadi informasi yang mulai banyak di cari pada saat ini. Mengapa tidak, kondisi ini sering kali menyertai beberapa orang, terlebih  di pagi hari saat mereka bangun tidur. Bahkan kondisi jari tangan kaku dan sakit juga sering kali di alami oleh sebagian ibu hamil. Kondisi ini tidak hanya membuat jari tiba-tiba sulit di gerakkan atau terkunci pada posisi tertentu, akan tetapi juga merupakan kondisi yang cukup menyakitkan  bagi penderitanya. Karena tak hanya menimbulkan rasa kaku dan sakit, juga sering kali di sertai dengan kondisi kebas dan juga kesemuatan. Dan hal tersebut kerap di kaitkan dengan kondisi penyakit trigger finger.

penyebab jari tangan kaku dan sakit selain trigger fingerTrigger finger sendiri adalah sutu kondisi yang menyebabkan jari tangan kaku dalam posisi yang sama, yang mempengaruhi lapisan disekitar jaringan jari tangan yang di sebut dengan tendon. Tendon sendiri merupakan jaringan serat yang tebal yang mengh ubungkan antara tulang dan otot yang berbentuk jaringan pita keras. Saat jari tangan di gerakkan maka otot dan tendon pada bagian lengan dan juga tangan akan bersam-sama meluruskan atau menekuk jari tangan. Biasanya proses ini selalu berjalan lancar. Namun, pada kondisi tertentu, tendon mengalami pembengkakan dan juga peradangan. Sehingga, pergerakan yang di lakukan dapat menarik tendon melalui selubung tendon yang seakan-akan menyempit dan menimbulkan bunyi klik.

Penyebab jari tangan kaku dan sakit selain trigger finger

Sebelum mengonsumsi obat tradisional jari tangan kaku, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kondisi yang sering kali anda alami tersebut. Hal itu bertujuan agar metode pengobatan yang di lakukan pun tepat. Karena selain trigger finger, masih ada beberapa penyebab jari tangan kaku dan sakit lainnya, yang diantaranya akan kami ulas sebagai berikut.

Osteoarthritis

Pengapuran sendi atau osteoarthritis pada bagian tangan juga dapat menjadi pemicu jari tangan sakit dan kaku. Misalnya pada tengah sendi jari, sendi yang paling dekat dengan ujung jari serta pangkal ujung jari. Selain itu, jika anda mengalami kondisi ini jari tangan yang kaku dan sakit tersebut juga dapat mengalami pembengkakan dan juga benjolan. Rasa sakit dan kaku mungkin dapat menghilang, akan tetapi benjolan dan pembengkakan yang terjadi di bagian sendi dapat menetap.

Selain dari pada itu, di belakang jari juga mungkin akan muncul kista yang mungkin cukup menyakitkan. Dan jika segera tidak di atasi, maka secara perlahan, jari yang mengalami peradangan juga dapat membengkok ke samping. Dan pada kondisi tertentu pula, anda juga bisa mendapati benjolan di bagian dasar jempol yang dekat dengan sendi pergelangan. Benjolan ini dapat terasa lebih sakit jika anda telah melakukan beberapa kegiatan seperti membuka toples menulis dan lain sebagainya.

Reumatoid arthritis

Meski masih sama berhubungan dengan masalah sendi, akan tetapi kondisi ini jelas berbeda dengan osteoarthritis. Reumatoid arthritis sendiri di sebabkan oleh sistem imun yang keliru menyerang jaringan sel sehat. Sedangkan osteoarthritis di sebabkan oleh penggguanan sendi.

Kondisi reumatoid arthritis ini dapat menyerang bagian kecil dari sendi kaki dan juga tangan. Tepatnya pada selaput yang membungkus cairan sinoval. Jika Kondisi tersebut menyerang sendi jari tangan, maka pada umumnya sering kali menyebabkan jari tangan kaku dan sakit bahkan menimbulkan pembengkakan yang sangat menyakitkan dan dapat memicu kondisi deformatis (kelainan bentuk) sendi dan juga erosi tulang.

Pirai

Pirai merupakan salah satu jenis radang sendi dimana dapat menimbulkan rasa kaku, perih dan sendi menjadi bengkak.  Pirai yang sudah terlalu lama bisa saja merusak tendon, sendi, dan juga bagian jaringan lainnya. Kondisi  ini umumnya lebih sering di derita oleh para pria. Pirai sendiri sering kali di sebabkan karena asam uarat yang terlalu banyak di dalam darah. Tidak setiap orang yang memiliki asam urat tinggi mengalami pirai. Akan tetapi, asam uarat yang tinggi seringkali membentuk persendian yangmelekat pada persendian. Selain asam uarat, pirai juga dapat di sebabkan karena berat badann yang berlebih, terlalu sering mengonsumsi alkohol, terlalu sering mengonsumsi ikan yang mengandung kimia serta terlalu banyak mengonsumsi daging sapi.

Selain dari pada beberapa penyebab yang telah di sampaikan sebelumnya, jari tangan kaku dan sakit juga bisa di sebabkan oleh diabetes, adanya gangguan pada sistem saraf, cidera dan lainnya. Adapun penyebab mengapa diabetes dapat menyebabkan jari tangan kaku belum di ketahui secara pasti.

Adapun jika kini anda tengah mengalami nyeri sendi jari tangan kaku, anda sebaiknya jangan membiarkannya. Segeralah periksakan ke dokter agar anda mengetahui penyebab jari tangan kaku dan sakit yang anda alami secara pasti dan segera mendapatkan penangan terbaik.

Penyebab Jari Tangan Kaku Dan Sakit Selain Trigger Finger | radangnyerisendi | 4.5