Pengobatan Sakit Tulang Ekor Pasca Melahirkan

Pengobatan sakit tulang ekor pasca melahirkan -, Salah satu masalah yang mungkin muncul setelah melahirkan adalah sakit tulang ekor. Tekanan pada saat bayi melewati jalan lahir dapat menyebabkan tulang ekor menjadi memar, dislokasi tulang, bahkan patah tulang ekor. Pada kasus tulang ekor patah saat melahirkan sangtlah jarang, namun beberapa bunda ada yang mengalaminya. Meski telah terdapat obat herbal sakit tulang ekor belakang untuk mengatasinya, akan tetapi kondisi ini umumnya sangat mengganggu penderitanya, sehingga memerlukan tindakan secepatnya.

Pengobatan sakit tulang ekor pasca melahirkan

Pengobatan sakit tulang ekor pasca melahirkan

Selain dari pada itu, ada beberapa penyebab sakit tulang ekor lainnya yang dapat terjadi pasca melahirkan, diantaranya:

  • Pertambahan berat badan selama hamil.
  • Pembesaran ukuran rahim pada saat kehamilan yang menekan struktur di sekitarnya.
  • Efek hormon yang di sebut relaksin yang di produksi selama kehamilan. Dimana hormon ini akan membuat ligamen urat dan jaringan menjadi lebih elastis yang sangat bermanfaat pada saat persalinan, akan tetapi akan membuat sendi menjadi lebih tidak stabil sehingga menyebabkan rasa nyeri.
  • Trauma pada saat perlinan.
  • Ukuran bayi yang besar dan juga berada dalam posisi melintang.
  • Wanita yang telah mengalami cidera tulang ekor sebelumnya.

Pengobatan sakit tulang ekor pasca melahirkanTulang ekor sendiri tersusun dari tiga hingga lima ruas ke bawah. Tulang belakang (empat ruas terbawah pada kebanyakan orang). Ruas teratas tulang belakang kadang-kadang bisa menyatu dengan ruas di bawahnya. Namun, tiga ruas di bawahnya biasanya menyatu. Selain itu, sejumlah otot dasar panggul dan ligamen juga melekat pada tulang ekor.

Kelima ruas yang menyatu di atas tulang ekor di sebut dengan tulang kelangkang (sacum). Pada bagian tersebut terdapat sendi-sendi yang menyatu di antara tulang ekor dan tulang kelangkang yang biasanya memungkinkan gerak menjadi terbatas.

Pengobatan sakit tulang ekor belakang pasca melahirkan

Apakah bunda sekarang sangat merasa terganggu akibat sakit tulang ekor ini? Kondisi tersebut dapat di benarkan karena kondisi ini sering kali menyebabkan rasa ngilu dan juga sakit yang berlebihan yaitu pada saat tulang ekor di pegang, saat duduk, akan berdiri setelah duduk dan juga saat mengalami konstipasi.

Nah apabila bunda merasakan beberapa gejala tersebut yang juga sangat mengganggu kenyamanan, bunda dapat mengatasi kondisi tersebut dengan beberapa pengobatan sakit tulang ekor pasca melahirkan berikut ini:

Istirahat yang cukup
Anda sangat di sarankan untuk beristirahat lebih banyak selam 2-3 hari. Andapun dapat kompres es secara teratur selama beberapa hari untuk mengurangi rasa nyeri dan juga pembengkakan. Namun, anda juga jangan  sampai lupa untuk tetap aktif atau mempertahankan kekuatan fisik.

Mengonsumsi obat anti inflamasi
Anda juga dapat di minta untuk mengonsumsi obat anti-inlamasi Nonstreroidal anti-inflammatory (NSAID) seperti ibu profen untuk mengurangi rasa nyeri dan juga pemebengkakan.

Berkonsultasi ke dokter
Apabila kondisi anda tak kunjung membaik dalam beberapa hari dan rasa sakit tulang ekor semakin menyiksa, anda jangan ragu-ragu lagi untuk mengonsultasikannya dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan obat yang lebih kuat lagi  dan juga aman di konsumsi bayi anda melalui ASI.

Cedera sakit tulang ekor umumnya sembuh dengan sendirinya dalam rentan waktu selama beberapa minggu. Sementara jika bunda mengalami patah tulang ekeor pasca melahirkan, umumnya membutuhkan waktu hingga delapan minggu untuk mencapai kesembuhan.

Terapi fisik dan operasi
Jika kondisi saki tulang ekor berkepanjangan, mungkin dokter akan melakukan tes lebih mendalam, untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi anda. Pada kondisi yang serius anda mungkin akan mendapatkan terapi fisik, suntik steroid dan anestesi. Bahkan dalam kasus tulang ekor yang kronis, anda juga mungkin di sarankan untuk operasi.

Selain dari pada itu, bunda juga perlu memeperhatikan hal-hal berikut ini untuk mengurangi rasa nyeri selama mengalami sakit tulang ekor:

  • Turunkan berat badan seperti sebelum melahirkan.
  • Melakukan latihan penguatan otot panggul seperti senam kegel.
  • Hindari mengangkat beban berat.
  • Tidak duduk pada permukaan yang keras.
  • Menggunakan bantal sebagai alas duduk untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Hindari konstipasi dan lainnya.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah bunda aman jika pernah mengalami cidera sakit tulang ekor akibat kelahiran anak pertama namun ingin hamil lagi? Tentunya aman dan tidak apa-apa. Namun, alangkah baiknya jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan perihal kondisi anda tersebut. Dan nantinya dokter akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan jika anda melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar dengan latar belakang kesehatan anda tersebut.

Jika pada saat kelahiran pertama bayi anda berukuran besar sehingga menyebabakan anda mengalami cidera tulang ekor, sementara pada kelahiran kedua bayi anda tampak lebih kecil, maka bunda dapat melahirkan secara normal.  Namun, coba lakukan posisi melahirkan yang berbeda dari sebelumnya untuk menghindari terulangnya cidera. Namun, meski begitu tidak ada jaminan jika bunda tidak akan mengalami cidera lagi. Maka dari itu, harap di pikirkan secara metang terlebih dahulu ya bun 🙂

Pengobatan Sakit Tulang Ekor Pasca Melahirkan | radangnyerisendi | 4.5