Menjaga kesehatan sendi dengan olahraga

Terimakasih telah berkunjung di radangnyerisendi.com, yang kali ini kami akan memberikan suatu informasi mengenai menjaga kesehatan sendi dengan olahraga yang tepat. sehingga dengan olahraga yang tepat ini sendi andapun akan semakin sehat.

Menjaga kesehatan sendi dengan olahraga

Menjaga kesehatan sendi dengan olahraga

Olahraga di jadikan salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan sendi, sekaligus membantu mengurangi peradangan kronis yang berhubungan dengan arthritis dan meningkatkan toleransi rasa sakit anda.

Namun banyak sekali sebagian orang menyepelekan masalah yang satu ini, terutama kalangan muda. Mereka tanpa berfikir panjang melakukan olahraga gym tanpa latihan yang benar dengan tujuan agar bisa mengencangkan otot dan menjadikan tubuh indah. Namun apakah anda mengetahui efek samping yang di timbulkan pada saat anda berusia 50 tahun nanti? sebuah penelitian mengungkap bahwa anak muda yang melakukan olahraga gym tanpa latihan yang benar akan menyebabkan mereka terkena radang endi pada usia 50 tahun.

Nah karena itulah saya sekarang akan memberikan beberapa tips jenis olahraga yang  bisa menjaga kesehatan persendian anda, sekaligus membantu anda untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi dan meningkatkan aliran darah ke sendi.

Berikut jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan sendi anda.

1. Warm up thorougly atau pemanasan secara menyeluruh

Tidak sedikit orang melewatkan warm up atau pemanasan sebelum mereka melakukan olahraga yang berat, seperti lari, lompat dan banyak lagi. Namun, akan sangat baik jika anda tidak melewatkan yang satu ini. Karena jika olahraga yang memerlukan banyak gerak apabila tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu akan menyebabkan otot tegang dan meningkatkan resiko nyeri sendi, terutama setelah memasuki usia 30 tahun.

2. Olahraga yang menggunakan foam roller

Rasa nyeri pada sendi merasa lebih buruk ketika selubung tisu fibrosa yang membungkus jaringan dan organ (fasia) anda elastis. umumnya, fasia bertindak sebagai bantal pelindung sendi anda dari dampak gesekan dan benturan selama anda bergerak. Jika anda sering melakukan olahraga yang menggunakan foam roller ini, maka bantalan yang di perlukan oleh sendi anda cukup terpenuhi dan mengurangi resiko nyeri sendi.  Selain itu juga, jika anda menggunakan foam roller sebelum ataupun sesudah berolahraga maka dapat meminimalisir ketidaknyamanan pada otot, tulang dan sendi, bahkan jika menggunakannya tiga kali seminggu maka akan mengurangi nyeri sendi. gunakan foam roller dengan kisaran waktu lima hingga sepuluh menit.

3. Menggoyangkan tubuh dan otot

Bukanlah ide yang buruk jika anda melakukan pemanasan dengan menggoyangkan tubuh anda. Karena otot yang terlibat dalam kontrol dan fungsi sendi akan melembut dan tidak tegang serta jauh dari kram otot. Olahraga yang dapat menggoyangkan tubuh dapat anda lakukan seperti berenang, bersepeda, yoga dan hula hoop.

4. Melatih tubuh bagian atas dan bawah

Hal ini bertujuan untuk menstabilkan otot anda. Mulailah gerakan yang melatih tubuh bagian atas dan bawah di mulai dari gerakan yang ringan hingga gerakan yang berat. dngan melakukan hal ini dapat menyempurnakan otot-otot yang lebih kecil dan menstabilakan dan mendukung yang lebih besar. dengan melakukan latihan tubuh bagian atas dan bawah secara seimbang dan rutin akan membuat sendi anda semakin sehat, tentunya dengan ada jeda istirahat di antaranya. anda dapat melakukan olahraga meletih tubuh bagian atas dan bawah ini di antaranya adalah push up, dan angkat beban.

5. Latihan yoga dan pilates

Yoga dan pilates juga dapat anda jadikan olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan sendi anda. Berfokus pada mobilitas dan stabilitas menciptakan keseimbangan dan flekisbilitas di daerah sekitar sendi. Sebuah penelitian mengungkap melakukan yoga selama satu jam dapat meredakan rasa sakit dan bengkak bagi mereka penderita rheumatoid arthritis.

Menjaga kesehatan sendi dengan olahraga | radangnyerisendi | 4.5