Komplikasi Patah Tulang

Komplikasi patah tulang juga bisa terjadi jika seandainya pengobatan yang dilakukan kurang tepat. Adapun berbagai komplikasi pada patah tulang sendiri bisa anda ketahui dengan menyimak informasi di bawah ini.

komplikasi patah tulangPatah tulang adalah salah salah satu masalah kesehatan tulang yang termasuk ke dalam cidera yang cukup serius. Pemberian pertolongan pertama yang benar mampu membantu proses penyembuhan serta dapat menghindarkan penderita dari kondisi yang lebih parah. Dan bahkan penanganan patah tulang yang tidak sesuai dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya komplikasi.

Berbagai jenis komplikasi patah tulang yang patut untuk anda waspadai

Terdapat beberapa kondisi lanjutan yang mana merupakan bentuk dari komplikasi penyakit patah tulang tulang. Namun nyatanya patah tulang ini sendiri di kategorikan ke dalam 2 bagian yaitu komplikasi dalam waktu cepat dan komplikasi patah tulang jangka lama.

1. Kompliakasi patah tulang

  • Shock Neurogeni

Pada saat mengalami fractur, tak jarang sering kali mengalami nyeri hebat terlebih apabila penanganan awal yang di lakukan kurang tepat. Maka dari itu, syok bisa saja terjadi sebagai kompensasi jika terjadi pendarahan hebat berlangsung.

  • Mengalami infeksi

Infeksi sendiri umumnya sering kali terjadi pada fraktur akibat trauma maupun karena mengalami fraktur terbuka. Kondisi ini terjadi karena adanya keruksakanpada jaringan lunak yang mana sabaft memudahkan timbulnya infeksi pada jaringan lunak itu sendiri maupun hingga sampai di jaringan tulang itu sendiri (osteomylitis).

  • Nekrosis divaskuler

Jaringan nekrosisi apabila masuk ke pembuluh darah vaskuler dapat menjadi emboli (benda asing yang terangkut mengikutii aliran darah dari tempat asalnya  dan juga dapat tersangkut pada suatu tenpat yang menyebabkan terbentuknya sumbatan pada aliran darah). Kondisi ini tetu sangat mengganggu sistem peredarahan yang ada di bawahnya.

  • Cedera vaskuler dan juga saraf

Cedera ini dapat terjadi pada fraktur baik secara langsung oleh trauma maupun bersamaan dengan terjadinya fraktur, ataupun tidak secara langsung karena tertusuk fragmen tulang atau tertekan edem di sekitar fraktur.

  • Keruksakan pada arteri

Pecahnya rteri akibat trauma bisa di tandai dengan tidak adanya nadi, CRT menurun, cyanosis bagian dista,hematoma yanglebar, serta dingin pada ekstrimitas yang dio sebabkan oleh tindakan emergensi splinting, perubahan posisi pada area yang sakit , tindakan reduksi dan juga pembedahan.

  • Kompartement syndrome

Adalah komplikasi yang di kategorikan cukup serius karena  terjebaknya otot, tulang, saraf dan pembuluh darah dalam jaringanperut. Kondisi tersebut di sebabakan oleh edema atau pendarahan yang menekan otot, saraf dan pembuluh darah. Selain dari pada itu, tekanan juga bisa berasal dari luar seperti halnya gips atau pembebatan yang terlalu kuat.

  • Fat Embolism syndrome (FES)

Adalah komplikasi sangat serius yang sering kali terjadi pada kasusu fraktur tulang panjang. Kondisi ini sendiri terjadi akibat sel-sel lemak yang di hasilkan bone marroe kuning masuk ke aliran darah dan menyebabkan kadar oksigen di dalam darah sangat rendah yang di tandai dengan gangguan pernafasan, tachykardi, hypertensi, tachypnea dan juga deam.

Komplikasi patah tulang dalam jangka waktu yang lama

  • Delayed Union

Adalah suatu kondisi dimana kegagalan fraktur konsolidasi (patah tulang tidak mnyambung kembalisesuai dengan waktu yang di butuhkan tulang untuk menyambung. Kondisi tersebut pada umumnya di sebabakan oleh penurunan suplai darah ke tulang

  • Nonunion

Adalah kegagalan fraktur berkonsolidasi dan membentuk sambungan yang kuat setelah 6-9 bulan. Kondisi ini sendiri di tandai dengan adanya pergerakan yang berlebih pada sisi fraktur yang embentuk sendi palsu ataupun pseudoarthrosis. Kondisi ini sendiri di sebabkan oleh pasokan darah yang kurang.

  • Malunion

dalah penyembuhan tukang namun posisi anatominya tidaklah tepat, misalnya tulangnya senbuh tapi begkok. Melunion sendiri bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti halnya interposisis jaringan lunak, fraktur communiocated, fraktur tulang dengan vaskulerisasi yang kurang baik, reposisi kurang baik immobilasasi yang salah dan juga infeksi.

  • Luka akibat tekanan

Luka ini pada umumnya timbul pada fase immobiluisasi akibat pasien tidur dengan posisi menetap dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Kaku sendi

Kondisi ini terjadi apabila sendi sendi yang terletak di sekitar patah tulangyang kurang di gerakkan sehingga terjadi perubahan synoval di sendi, penyusun kapsul, inextenbility otot, pengendapan callus di permukaan sendi dan timbulnya jaringan  fibropus pada ligame.

Nah, apabila anda kini tengah mengalami parah tulang dan ingin terhindar dari berbagai komplikasi tersebut, ada baiknya pada saat pertama anda mengalami fraktur tersebut segera lakukan pengobatan salah salah satunya dengan menggunakan obat patah tulang alami ekstrak teripang emas. Ampuh sembuhkan patah tulang pada anak maupun dewasa yang aman tanpa efek samping. Informasi pemesanan selengkapya, silahkan klik DISINI.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar komplikasi patah tulang yang perlu anda waspadai. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda.

Komplikasi Patah Tulang | radangnyerisendi | 4.5