Gejala Pengapuran Tulang Sendi

Gejala pengapuran tulang sendi -, Apakah anda sering mengalami sendi lutut terasa sakit pada saat berjalan maupun berjongkok? Waspadalah itu bisa jadi anda terkena pengapuran sendi. Pengapuran sendi (osteoarthritis) sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang para lansia di atas 50 tahun. Kondisi ini sering terjadi pada beberapa sendi yang sering di gunakana seperti jari tangan serta sendi yang memnatu menopang tubuh seperti lutut dan pinggul.

gejala pengapuran tulang sendi

Ilustrasi gejala pengapuran tulang sendi

Seiring dengan bertambahnya usia, maka akan semakin tinggi pula resiko terjadinya keruksakan pada tulang rawan. Bahkan, karena faktor usia juga, faktor yang lain juga dapat mengalami keruksakan dalam waktu yang lebih cepat. Hal tersebut dapat di picu oleh trauma, infeksi, aktivitas yang berat, serta obesitas. Hal tersebut sering kali menyebabkan tulang rawan semakin menipis sehingga tak jarang permukaan tulang menjadi tidak merata, dan terjadinya gesekan antar tulang dan tulang pun tak dapat di elakan. Yang pada akhirnya, akibat pengapuran tersebut rasa nyeri yang tak tertahankanpun timbul di daerah sekitar sendi.

Ciri-ciri atau gejala pengapuran tulang sendi

Ada beberapa ciri-ciri gejala pengapuran sendi yang jarang di ketahui oleh banyak masyarakat diantaranya adalah:

  • Pada stadium awal, gejala awal pengapuran sendi biasanya di tandai dengan adalanya kekauan dan rasa nyeri sendi setelah tidak bergerak dalam waktu yang lama, seperti setelah duduk lama atau bangun tidur. Selain itu, sendi juga akan terasa sakit ketika sendi di pakai untuk beraktivitas, seperti berjongkok, naik turun tangga, serta  berjalan dalam waktu yang lama. Tak hanya itu, sering juga terdengan bunyi “krek-krek” saat sendi di gerakkan.
  • Pada stadium yang berat, gejala pengapuran pada sendi berupa rasa sakit akan di rasakan oleh penderita, bukan hanya pada saat beraktivitas juga saat beristirahat.
  • Pada stadium lanjut, rasa nyeri akan semakin hebat,  sendi lutut akan terasa kaku dan benkok seperti huruf X atau O. Pada umumnya, penderita pengapuran sendi  akan berat saat berjalan sehingga mereka berjalan dengan pincang. Jika di foto menggunakan rontgen, maka celah sendi akan terlihat lebih sempit, ketimbang celah sendi  yang normal  sebagai akibat penipisan tulang rawan.  Hasil dari rontgen ini dapat membantu ahli kesehatan untuk menetukan keparahan pada penderita radang sendi.

Selain itu,  masih terdapat gejala-gejala lainnya yaitu berupa pergerakan sendi yang terbatas, sendi yang membesar atau membengkak, otot menjadi melemah.

Penanganan pada pengapuran tulang sendi

Ada beberapa langkah penanganan pengapuran tulang sendi, diantaranya:

  • Olahraga secukupnya untuk memperkuat otot anda.
  • Menurunkan berat badan yang berlebih, sehingga tekanan pada sendi berkurang.
  • Mengompres sendi dengan kain basah hangat atau menggunakan es batu.
  • Mengonsumsi obat perada nyeri.
  • Fisioterapi
  • Operasi

Selain dari pada itu, kini telah hadir formulasi unggulan yang dapat mengobati serta menyembuhkan penyakit osteoarthritis terhadap pengapuran sendi yaitu obat pengapuran tulang sendi alami, terbuat dari bahan herbal secara menyeluruh, dengan komposisi utama gamat emas, yang memiliki khasiat luar biasa di dalamnya untuk pennyembuhan osteoarthritis dan permasalahan sendi lainnya, tanpa menimbulakan efek samping sedikitpun di dalamnya. Dapatkan Informasi lebih lengkapnya << Disini! >>.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Gejala Pengapuran Tulang Sendi | radangnyerisendi | 4.5