Gejala Dan Penyebab Nyeri Sendi Siku

Penyebab nyeri sendi siku sebaiknya di ketahui sejak dini, sehingga kita kita bisa menghindari atau memberikannya penanganan yang tepat, sehingga kondisi tersebut tidak berlanjut menjadi semakin parah. Bagi anda yang kini tengah mengalami kondisi nyeri sendi siku ada baiknya jika anda menyimak informasi seputar gejala dan penyebab nyeri sendi siku tangan berikut ini!

penyebab nyeri sendi sikuMeski banyak orang yang mengira bahwasannya siku merupakan salah satu tulang yang paling keras dalam tubuh, namun pada kenyataannya bagian tubuh yang satu ini pun tetap bisa merasakan nyeri apabila mengalami trauma maupun cidera. Seperti halnya mengalami retak atau dislokasi akibat jatuh tepat di lengan atau di siku akibat banyak mendapatkan tekanan.

Gejala dan penyebab nyeri sendi siku

Sendi siku sendiri terdiri dari tulang, kartilango (tulang rawan), ligamen dan juga cairan. Sedangkan otot dan tendon membuat siku bisa bergerak bebas. Namun, pada saat salah satu dari bagan tersebut terluka, maka berbagai masalah pada siku pun dapat muncul. Adapun gejala nyeri sendi siku secara umum, diantaranya berupa rasa sakit dan nyeri pada sendi siku yang kemungkinan menjalar ke lengan hingga bahu, terjadinya pembengkakan, kulit di sekitar area sendi siku memerah dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun faktor penyebab nyeri siku pada umumnya adalah sebagai berikut:

– Cedera saat berolahraga.
– Kecelakaan saat jatuh
– Olahraga yang bertumpu pada sendi

Selain dari pada itu, gangguan kesehatan pada tubuhpun dapat menjadi pemicu nyeri sendi siku, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tendonitis atau tendinosis
Adalah kondisi yang mana tendon mengalami cidera dan menyebabkan rasa sakit yang begitu ekstrim pada siku. Penyebab dari kondisi ini adalah karena menggunakan pergelangan tangan maupun siku secara terus menerus, seperti halnya melempar bisbol atau mengayunkan tongkat golf ataupun bermain tennis. Kondisi ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Epiconylitis medial : Jenis tendonitis ini mempengaruhi siku bagian dalam. Gejala yang muncul adalah rasa sakit di sepanjang siku bagian dalam, dan gerakan pada pergelangan tangan pun sangat mempengaruhi kondisi ini.
  • Lateral epicondylitis : Jenis tendonitis ini mempengaruhi bagian luar siku. Gejala yang muncul adalah rasa nyeri dan juga rasa terbakar pada sekitar daerah sendi siku serta masalah kesulitan mencengkram.

Untuk sakit yang di sebabkan oleh masalah tendon, gejala akan berangsur hilang dengan istirahat, melakukan terapi fisik atau dengan mengonsumsi obat-obatan antiinflamasi.

2. Olecaranon bursitis
Penyebab nyeri sendi siku juga terkadang bisa berasal dari bursa, yang mana merupakan kantung kecil berisi cairan yang membantu untuk melindungi dan melumasi sendi. Adanya benturan pada siku, infeksi maupun arthritis dapat menyebabkan keruksakan pada bursa anda. Selain rasa nyeri, gejala yang kemungkinan dapat muncul adalah pembekakan dan kesulitan untuk menggerakkan siku. Kondisi ini pada umumnya dapat di atasi dengan pemberian obat dan juga bantalan siku. Dalam beberapa kasus, operasi juga mungkin di perlukan.

3. Osteoarthritis
Adalah salah satu masalah peradangan sering terjadi pada sendi. Baik pada sendi tangan, lutut, pinggul maupun tulang belakang. Kondisi ini pula sering kali menjadi penyebab nyeri sendi siku. Adapun jika osteoart5hritis terjadi pada siku, gejala yang muncuk diantaranya rasa sakit, kesulitan untuk menekuk siku, sesnsasi penguncian di siku, muncul suara kis-kisi saat di gerakkan, dan terjadi pembengkakan. Untuk kondisi ini, pengobatan dapat di lakukan dengan terapi fisik, Namun pada kasus yang parah, operasi dan pergantian sendi bisa saja di lakukan.

4. Ligamen strain dan terkilir
Nasalah ligamen juga bisa terjdi pada salah satu ligamen yang terletak pada siku. Keseleo atau ligamen terkilir dan strain dapat terjadi karena trauma atau stres yang berulang. Pada kiondisi ini anda akanmengalami berbagai gejala seperti rasa saKit, ketidak stabilan sendi, pembengkakan dan juga masalah dengan rentang gerak. Adapun perawatan untuk kondisi ini dapat meliputi istirahat, metode penghilang rasa sakit seperti halnya icing, bracing serta terapi fisik.

5. Dislokasi atau fraktur siku
Cidera siku seperti halnya terjatuh pada lengan dapat menyebabkan dislokasi atau patah tulang. Dislokasi sendiri pada umumnya terjadi saat tulang bergerak dari posisi semula, dan patah tulang terjadi ketika tulang retak. Adapun gejala dari kndisi ini adalah perubahan visual ke siku, seperti terjadinya pembengkakan dan perubahan warna, ketidak mampuan untuk menggerakkan sendi, dan rasa sakit. Adapun pengobatnya, dapat menggunakan bidai atau gipsm,mmberikan obat untuk nyeri dan pembengkakan. Terapi fisik juga di perlukan untuk membantu mengembalikan rentang gerak setelah bidasi atau gips di buang.

6. Octeochondritis
Kondisi ini sering kali di sebut juga dengan penyakit Panner. Kondisi ini terjadi ketika potong-potongan kecil dari tulang rawan dan tulang utama menjadi copot di sendi siku. Hal ini sering kali terjadi akibat cidera olahraga untuk siku dan paling sering terjadi pada pria muda. Adapun gejala yang mendampingi adalah rasa sakitĀ  pada luar siku, ksulitan meluruskan lengan, serta perasaan bahwasannya sendiĀ  mengunci bisa menunjukkan kondisi ini anda bisa mengatasi kondisi ini dengn mengunuungi terapi fisik.

Demikian informasi yang dapat kami suguhkan pada kesempatan kali ini ini seputar gejala dan penyebabab nyeri sendi siku. Adapun jika kondisi anda tak kunjung dalam beberapa hari, ada baiknya segara mengatasibnya salah satunya dengan rekomendasio herbal terbaik Obat Herbal Nyeri Sendi Siku, yang mana merupakan solusi paling efektif dalam mengatasi nyeri sendi siku secara alami tanpa efek samping.

Gejala Dan Penyebab Nyeri Sendi Siku | radangnyerisendi | 4.5