Cara Meredakan Serangan Osteoarthritis

Sekarang anda telah bergabung di radangnyerisendi.com. Dan kali ini kami akan memberikan suatu informasi mengenai cara meredakan serangan Osteoarthritis, beserta gejala dan penyebab dan faktor resiko akan kami bahas lengkap di sini.

Cara Meredakan Serangan Osteoarthritis

Cara Meredakan Serangan Osteoarthritis

Kata osteoarthiritis mungkin asing di dengar oleh sebahagian orang. Dan anda mungkin bertanya-tanya, apakah osteoarthritis itu? Osteoarthritis merupakan salah satu jenis radang sendi yang sering terjadi bagi mereka yang suah berusia 45 tahun ke atas. Kondisi tersebut menyebabkan daerah sekitar sendi nyeri dan kaku sehingga pembengkakanpun terjadi pada daerah sendi-sendi tersebut.

Sendi yang paling sering terserang kondisi ini adalah sendi pada tangan, lutut, pinggul, juga tulang punggung. Namun tidak menutup kemungkinan sendi-sendi yang lainpun bisa terserang kondisi yang serupa.

Cara penanganan osteoarthritis

Osteoarthritis termasuk salah satu radang sendi yang saat ini belum bisa di sembuhkan secara total. Namun penanganan yang di lakukan bertujuan agar gejala yang di alami berkurang, sehingga pasien dapat menjalankan aktifitasnya dan dapat menjalani kehidupan dengan normal.

Selain dengan seiring waktu gejala dari kondisi tersebut secara perlahan akan berkurang, anda juga bisa meredakan gejalanya dengan melakukan langkah seperti berikut :

  • Menurunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas.
  • Berolahraga secara rutin.
  • Menjalani terapi fisik atau terapi okupasi.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk meredakan rasa sakit.
  • menggunakan alat husus untuk membantu mengurangi rasa sakit penderita ketika berdiri ataupun berjalan.

Namun jika langkah-langkah terebut kurang efektif ataupun karena sendi cukup rusak, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi. Yang prosedur ini bertujuan untuk memperbaiki, memperkuatatu mengganti sendi agar penderita bisa lebih mudah bergerak.

Beberapa gejala osteoarthritis

Seiring dengan berjalannya waktu, gejala osteoarthritis ini akan semakin parah di alami oleh penderitanya. Tingkat keparahan juga dipengaruhi oleh lokasi sendi yang diserang.

Gejala awal yang dirasakan oleh penderita adalah rasa sakit ketika sendi di gerakkan dan kaku pada sendi yang terserang setelah beberapa waktu tidak di gerakan, sehingga penderitapun sulit untuk menjalankan aktifitasnya sehari-hari. biasanya gejala tersebut sering terjadi saat bangun pada pagi hari. Beberapa gejala yang mungkin menyertainya :

  • Kelenturan sendi menurun.
  • Sendi yang terserang akan mudah merasakan nyeri.
  • Otot lemas dan massa otot berkurang.

Gejala tersebut bisa kambuh kapan saja dan terjadi terus menerus. Kekambuhan tersebut dapat di pengaruhi oleh jenis aktifitas yang penderita jalani dan juga faktor cuaca. Namun, apabila dalam kurun waktu beberapa minggu rasa sakit pada persendian tak kunjung reda atau semakin parah, maka segeralah anda menemui dokter untuk mengetahui kepastian penyebab maupun tingkat keparahan yang sedang di alami oleh anda. sekaligus dokter juga akan memberikan solusi terhadap osteoarthritis yang sedang anda derita.

Penyebab dan faktor resiko osteoarthritis

Akibat dari osteoarthiritis ini adalah kerusakan tulang rawan secara perlahan. Tulang rawan sendiri merupakan jaringan ikat padat, kenyal dan juga elastis yang berfungsi untuk melindungi persendian dari gesekan.  Namun sampai sekarang penyebab dari kerusakan tulang rawan sendiri belum di ketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa faktor yang di duga memicu kondisi tersebut, di antaranya adalah :

  • Usia. Resiko terkena osteoarthritis ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia seseorang, terutama bagi mereka yang berusia 45 tahun ke atas.
  • Jenis kelamin. Pria lebih jarang mengalami osteoarthritis di bandingkan wanita.
  • Cedera pada sendi. Sendi yang pernah mengalami cidera atau pernah menjalani operasi memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami osteoarthritis.
  • Obesitas. Resiko osteoarthritis lebih tinggi bagimereka yang memiliki kelebihan dalam berat badan karena secara otomatis menembah bera beban pada sendi.
  • Faktor keturunan. Resiko osteoarhritis di duga juga dapat ditimbulkan karena diturunkan secara genetika.
  • Mengidap kondisi arthritis lain, seperti penyakit asam urat ataupun yang lainnya. Itu juga bisa menjadi faktor seseorang memiliki resiko mengalami osteoarthritis.

Untuk langkah antisipasi pencegahan  mengalami osteoarthritis, anda patut memperhatikan pola makan yang sehat sejak dini. Selain itu, berolahragalah secara teratur setiap hari dan rubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat lagi.  Namun jika anda sudah terlanjur mengalami kondisi tersebut anda dapat langsung berkonsultasi dengan doter agar akibat yang di timbulkan tidak semkin parah.

Cara Meredakan Serangan Osteoarthritis | radangnyerisendi | 4.5