Cara Mencegah Pengapuran Sendi Lutut Secara Alami

Cara mencegah pengapuran sendi lutut sangat penting untuk di ketahui, terlebih bagi anda yang kini telah memasuki usia senja. Karena pada umumnya, bertambahnya usia akan semakin menurunkan fungsi organ tubuh termasuk meningkatkan resiko pengapuran sendi bagi seseorang. Meski begitu, kondisi ini juga tidak sedikit di alami oleh mereka yang berusia muda. Banyak faktor yang dapat menyebabkan pengapuran sendi lutut atau lutut kehilangan fungsinya seperti akibat dari cidera, kekurangan gizi, pola hidup yang buruk, asupan natrium yang berlebih dan lainnya.

cara mencegah pengapuran sendi lututLutut sendiri merupakan sendi terbesar yang mana memiliki peranan penting dalam tubuh, karena dapat memberikan topangan yang stabil untuk tubuh anda. Lutut juga memberikan fleksibelitas di kaki, sehingga anda dapat berdiri, berjalan, berjongkok dan melompat dengan mudah. Itulah alasan utama, mengapa anda perlu menjaga lutut agar tetap sehat dan juga kuat. Dan jika anda tidak ingin mengalami pengapuran sendi lutut, anda dapat menjaga kesehatan sekaligus memperkuat lutut anda, dengan melakukan beberapa cara mencegah pengapuran sendi lutut berikut ini.

Cara mencegah pengapuran sendi lutut secara alami

Latihan penguatan lutut

Fungsi dari latihan ini adalah dapat menguatkan lutut yang lemah, sehingga cocok di lakukan bagi anda yang kini tengah mengalami ataupun ingin terhindar dari pengapuran sendi lutut atau osteoarthritis. Latihan tersebut dapat memperkat otot di sekitar sendi, memelihara agar sendi bekerja sesuai fungsinya serta dapat memperkuat tulang lutut anda. Beberapa latihan tersebut dapat berupa sit-up, lunges, squats singl-foot, hamstring atau membentangkan paha terkontraksi, menekuk lutut dan jongkok dengan menggunakan media bola. Untuk hasil yang maksimal anda dapat mencoba melakukan latihan tersebut 4 atau 5 minggu sekali dengan lama durasi 30 menit.

Melakukan terapi pijat

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan sendi lutut adalah dengan melakukan terapi pijat.  Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi, sehingga banyak nutrisi yang mencapai otot sehingga sendi lutut anda menjadi semakin kuat dan anda pun dapat terhindar dari penyakit osteoarthritis di kemudian hari.

Garam

Bagi anda yang kini tengah mengalami pengapuran sendi, osteoporosis, atau kondisi lainnya yang menyebabkan sendi lutut anda sakit dapat menggunakan alterntif ini sebagai solusinya. Pasalnya, hal tersebut sering kali di sebabkan akibat kandungan magnesium yang rendah. dan garam dapat membantu mengurangi ketidak nyamanan tersebut serta memberikan asupan magnesium yang cukup. Caranya sangat sederhana. Cukup dengan melarutkan 2 sendok garam ke dalam setengan cangkir air hangat. Kemudian gunakan kain lap bersih, dan kompreskan pada bagian lutut yang terasa sakit. Tunggu 15-20 menit sebelum anda membilasnya dengan air hangat.

Berenang

Olah raga air ini merupakan termasuk latihan aerobik yang baik untuk di terapkan pada lutut yang lemah. Selain itu juga baik di lakukan untuk menjaga kesehatan lutut. Karena jenis olah raga ini  memungkinkan anda untuk memberi sedikit tekanan pada lutut. Dengan begitu, dapat menjadi alternatif yang baik untuk menguatkan otot pada lutut yang sedang bermasalah.

Kalsium

Salah satu elemen penting yang sangat di perlukan oleh tulang dan sendi adalah kalsium. Bahkan seseorang yang kekurangan kalsium sangat beresiko tinggi mengalami penipisan, melemahnya tulang bahkan osteoporosis. Karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium secara alami, anda dapat mengonsumsi sumber makanan ataupun suplemen alami untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh anda.

Vitamin D

Kekuatan tulang serta sendi yang optimal juga di dukung dengan kebutuhan vitamin D yang tercukupi. Bahkan kekurangan vitamin D dapat menyebabakan hilangnya kekuatan tulang dan resiko tinggi mengalami patah tulang. Tubuh pun tidak dapat menyerap kalsium tanpa jumlah vitamin D yang cukup.

Minyak ikan

Kandungan minyak ikan yang mengandung asam lemka omega-3 atau yang di sebut dengan eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat membantu memperkuat sendi lutut untuk kepadatan tulang. Bahkan kandungan dalam minyak ikan ini pun mampu mengurangi rasa sakit serta kekauan sendi karena mengandung anti-inflamasi di dalamnya.

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan kolagen, yang merupakan komponen utama pada dari tulang rawan lutut. Hal ini sangat penting untuk sintesis kolagen, kualitas matriks tulang, serta untuk perkembangan tulang yang normal. Selain dari pada itu, vitamin esensial ini meningkatkan kepadatan masa tulang serta mencegah resiko terjadinya patah tulang.

Menurunkan berat badan

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih dan tidak ingin mengalami pengapuran sendi lutut, anda perlu menurunkan berat badan anda hingga menjadi ideal. Hal tersebut di sebabkan karena semakin tubuh anda berat, maka lututpun bekerja semakin berat juga. Selain itu, lutut akan mengalami stres  akibat membawa beban yang berat pula. Kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko lutut mengalami osteoartritis atau penggantian pinggul.

Mengonsumsi makanan anti-inflamasi

Yang di makasud dengan makanan anti-inflamasi merupakan makanan yang memiliki sifat anti-inflasmasi seperti mengandung antioksidan yang tinggi. Makanan anti-inflamasi dapat melawan peradangan dan mencegah pembengkakan pada sendi temasuk pada sendi lutut.

Nah, itulah beberapa cara mencegah pengapuran sendi lutut secara alami, sehingga lutut anda menjadi lebih kuat dan sehat. Selain dari pada itu, imbangi dengan olahraga ringan secara teratur, untuk menjaga lutut anda tetap fleksibel dan juga lentur. Adapun jika anda kini tengah mengalami pengapuran sendi lutut, anda perlu khawatir karena kini telah hadir rekomendasi terbaik dari para ahli, yaitu obat pengapuran sendi lutut alami yang merupakan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Cara Mencegah Pengapuran Sendi Lutut Secara Alami | radangnyerisendi | 4.5