Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Pinggul Saat Hamil Tua

Cara ampuh mengatasi nyeri pinggul saat hamil tua

Cara ampuh mengatasi nyeri pinggul saat hamil tua

Cara ampuh mengatasi nyeri pinggul saat hamil tuaradangnyerisendi.com -, Seorang wanita hamil mengalami banyak perubahan bentuk tubuh yang signifikan selama masa kehamilannya. Sehingga tidak para wanita hamil terlepas dari berbagai keluhan nyeri dan juga kram.

Mulai dari nyeri punggung, kram pada kaki ataupun nyeri persalinanan sebelum wanita menggendong bayi mungilnya. Dan salah satu permasalahan umum yang sering di alimi oleh wanita hamil adalah nyeri pinggul. Bahkan kondisi tersebut dapat menjadi ciri umum tanda kehamilan seorang wanita, sebagai akibat dari mengendurnya sendi-sendi karena tubuh siap untuk menghadpi persalinan.

Baca juga: Penyebab Nyeri Sendi Pada Wanita Hamil

Para bunda mungkin mengalami nyeri pinggul yang semakin meningkat terutama di usia kehamilan trimester ke dua, akibat perkembangan si janin yang berada di dalam rahim semakin membesar. namun nyeri pinggul saat hamil mudapun sering kali di alami oleh sebagian bunda. Terlebih rasa nyeri pada umumnya akan lebih memburuk saat menjelang malam hari. Namun bunda jangan khawatir, meski kondisi tersebut tidak dapat di cegah, namun bunda dapat meredakan nyeri pinggul saat hamil tua dengan cara ampuh mengatasi nyeri pinggang saat kehamilan berikut ini.

Penyebab nyeri pinggul saat hamil

Penyebab utama nyeri pinggul saat hamil adalah hormon kehamilan yang di sebut dengan relaxin, yang di produksi secara alami oleh tubuh saat masa kehamilan. Selain menyebabkan nyri pinggul hormon tersebut juga dapat menyebabkan keluhan nyeri lainnya.

Hormon tersebut juga dapat mengendurkan sendi dan ligamen, dan terkadang dapat menyebabkan sendi menjadi meradang dan juga sensitif.

Selain akibat hormon, postur tubuh yang bertambah dan tidak normalpun selama masa kehamilan seringkali menyebabkan pergeseran sendi dan membani tulang pinggul. Kondisi seperti demikianpun umumnya terjadi pada trimester ke dua dan ketiga, yang seringkali menimbulkan rasa nyeri.

Cara Ampuh mengatasi nyeri pinggul saat hamil tua

Meski nyeri pinggul merupakan efek normal dari kehamilan, namun andapun dapat mengobati nyeri pinggul saat hamil dengan beberapa cara ampuh untuk mengatasi nyeri pinggul saat hamil seperti di bawah ini. Selain untuk mengembalikan kenyaman bunda, cara inipun dapat menghalau keparahan rasa nyeri yang di alami oleh bunda, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan bantalan khusus untuk ibu hamil

Hal ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengurangi sakit pinggul saat hamil, dengan menjaga postur tubuh saat tidur, sehingga tidak membuat pinggul anda menjadi lelah.

2. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi

Hal tersebut sangat penting, karena pemakaian sepatu berhak tinggi hanya akan memperburuk keseimbangan tubuh anda dan memperparah kondisi nyeri pinggul anda. Untuk itu gunakan sepatu berhak datar saat hamil.

3. Tidur dengan posisi miring atau menyamping

Saat kehamilan perhatikan postur tubuh anda baik ketika berdiri, duduk maupun tidur. Untuk menghindari nyeri pinggul yang semakin memburuk, hindari membungkuk dan usahakan punggung dan bahu tetap lurus saat berjalan. Selain itu, hindari tidur dengan posisi terlentang, dan tidurlah menyamping dengan posisi lutut agak di tekuk.

4. Melakukan Terapi air hangat

Hal ini juga merupakan cara ampuh untuk menghilangkan nyeri pinggul saat hamil, yang patut bunda coba. Bunda dapat berendam di bak air hangat atau mengompresnya dengan botol air panas pada daerah pinggul yang terasa sakit dengan sedikit pijatan.

5. Istirahat dari berbagai aktivitas fisik

Aktivitas berat seperti halnya berjalan atau berdiri dalam waktu lama, mengangkat beban berat, semua hal itu dapat memperparah kondisi nyeri pinggul bunda. Untuk itu, terkadang yang bunda butuhkan hanya istirahat dari segalla aktivitas berat yang bunda lakukan. Selain itu bunda juga dapat Tidur ataupun duduk dengan kaki sedikit di angkat dan punggung yang bersandar. Semua hal tersebut dapat membantu bunda rileks dan cara mengatasi nyeri panggul saat hamil.

6. Olahraga

Olah raga yang sangat baik untuk mengatasi sakit pinggul saat hamil adalah beranag dan juga senam. Namun ada baiknya, sebelum anda melakukannya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

7. Mengonsumsi Suplemen

Pada saat mengalami masa kehamilan, ibu hamil kehilangan cadangan kalsiumnya. Untuk itu, sangat di sarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi banyak kalsium baik bersumber dari makanan atau suplemen herbal, karena hal tersebut dapat membantu meredakan nyeri pinggul selama kehamilan. Dan bagi anda yang berminat untuk mengonsumsi suplemen herbal untuk menambah kebutuhan kalsium bunda, kami merekomendasikan suplemen herbal dengan ekstra teripang emas di dalamnya yang sangat kaya akan kandungan kalsium di dalamnya. Tak hanya itu, suplemen herbal ini sangat aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil tanpa menimbulkan efek samping sedikitpun. Itu di sebabkan komposisisnya terbuat dari bahan herbal secara menyeluruh (0% zat kimiawi), sehingga keluhan nyeri pinggul yang anda rasakan dapat reda dengan cepat. Untuk informasi lebih lengkapnya anda dapat mengklik >> Di sini <<

Baca juga: Tips Atasi Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil

Nah itulah informasi seputar cara ampuh mengatasi nyeri pinggul pada ibu hamil yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sampikan dapat berm,anfaat untuk anda. Dan selamat berjumopa kembali bagi anda pada artikel berikutnya.

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Pinggul Saat Hamil Tua | radangnyerisendi | 4.5