Apakah Rheumatoid Arthritis Itu?

Terima kasih telah berkunjung kembali di website kami. Kali ini kami akan memberikan informasi dari dunia kesehatan mengenai apakah rheumatoid arthritis itu? Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak pembahasan berikut yang akan kami bahas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

Apakah Rheumatoid Arthritis Itu?

Apakah Rheumatoid Arthritis Itu?

Mungkin anda bertannya-tanya apakah rheumatoid arthritis itu? Rheumatoid arthritis adalah salah satu jenis dari sekian banyak peradangan pada sendi. Rheumatoid arthritis sendiri merupakan peradangan kronis pada sendi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh, sehingga menyebabakan rasa sakit, kaku dan pembengkakan pada persendian. Dan persendian yang paling sering di serang oleh penyakit ini adalah persendian tanga dan kaki.

Selain menyerang persendian, kondisi ini juga berdamapak burukĀ  bagi jaringan yang berada di daerah sekitar persendian, seperti otot, ligamen, dan tendon. Sehingga jika tidak di tangani dengan cepat dan tepat kondisi ini akan menghancurkan jaringan persendian, dan aktivitas andapun akan terhambat akibat efek buruk dari kondisi ini, sepertisulit berjalan dan sulit ntuk menggunakan tangan.

Pada umumnya, kondisi ini lebih berisiko di alami oleh wanita, terutama bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun.

Penyebab rheumatoid arthritis

Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi, tetapi justru menyerang sel normal pada persendianĀ  merupakan penyebab terjadinya rheumatoid arthritis.

Belum di ketahui secara pasti alasan di balik kekebalan tubuh keliru menyerang tubuh dalam rheumatoid arthritis. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang beresiko terkena kondisi ini, di antaranya adalah hormon, faktor usia, genetika dan kebiasaan merokok.

Gejala reumatoid arthritis

Gejala yang di derita oleh penderita rheumatoid arthritis ini akan berbeda-beda pada setiap orangnya dan bisa saja berubah seiring waktu. Namun gejala umum yang sering di timbulkan oleh kondisi ini adalah rasa nyeri, kaku, kemerahan, bengkak, dan terasa hangat.

Jika kondisi ini tidak di tangani sesegera mungkin maka akan berdampak lebih buruk bagi anda, gejala bisa menyebar ke daerah tubuh yang lain bahkan sendipun akan bergeser dan berubah bentuk.

Diagnosis rheumatoid arthritis

Seperti penyakit yang lainnya, kondisi ini juga sulit untuk mendiagnosisnya pada tahap awal. Namun, ada beberapa tes yang bisa membantu mendiagnosis penyakit ini di antaranya adalah pemeriksaan fisik, tes darah, dan pemindaian X-ray.

Pengobatan rheumatoid arthritis

Untuk saat ini, penyakit ini belum bisa di sembuhkan secara total, Namum penangan yang tepat dapat di lakukan untuk menghambat penyebaran peradangan pada bagian tubuh yang lain.

Melakukan terapi dan pengobatan dalam jangka panjang dapat di lakukan oleh penderita rhematoid arthritis untuk mengatasi gejala yang di timbulkan dan juga menghambat proses penyebaran. Namun jika terapi dan pengobatan dalam jangka panjang sudah tidak efektif lagi, maka operasi dapat anda jadikan solus untuk memperbaiki masalah persendian anda.

Komplikasi rheumatoid arthritis

Ada beberapa kondisi yang mungkin dapat diderita oleh penderita rhematoid arthritis apabila penanganannya kurang tepat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kerusakan sendi. Kerusakan pada sendi seperti kelainan bentuk persendian, keruksakan tulang rawan, dan terjadinya peradangan pada daerah tendon dapat terjadi bahkan permanen jika rheumatoid arthritis tidak di tagani dengan baik.
  • Peradangan menyebar luas. Perdangan dapat menyebar pada daerah tubuh yang lain, seperti hati, pembuluh darah, paru-paru dan mata. Kondisi ini jarang terjadi apabila mendapat perawatan dini.
  • Cervical myelopathy. Merupakan kondisi saraf tulang belakang tertekan akibat dislokasi tulang belakang bagian atas. Meski kondisi ini jarang terjadi, namun jika tidak segera melakukan operasi, kodisi ini bisa menyebabkan keruksakan tulang permanen dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.
  • Sindrom lorong karpal. Kondisiini terjadi karena tertekannya saraf median yaitu saraf yang mengendalikan gerakan dan sensasi pada pergelangan tangan. kondisi ini menyebabkan gejala kesemutan, nyeri dan mati rasa pada daerah pergelangan tangan.
  • Penyakit kardiovaskular. Kondisi ini terjadi dimana rheumatoid arthritis ini sudah mempengaruhi pembuluh darah, sehingga dapat menimbulakn penyakit jantungĀ  dan srtoke.
Apakah Rheumatoid Arthritis Itu? | radangnyerisendi | 4.5