5 Gejala Sakit Punggung Ini Sebaiknya Tidak Anda Abaikan

Gejala sakit punggung mungkin tak jarang di abaikan oleh beberapa penderitanya. Namun ada beberapa gejala sakit punggung yang memang tak boleh untuk anda abaikan. Dan sebaiknya segera atasi ataupun periksakan ke dokter.

Tak sedikit orang yang menghabiskan 80% kegiatan sehari-harinya dengan duduk di depan layar komputer, cenderung mengalami sakit punggung, Dan menurut American Chiropractic Association menyakatakan bahwasannya kalau sakit punggung sering lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria.

Meski kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya, namun tetap saja jika kondisi ini berkepanjangan atau disertai dengan gejala tertentu, maka sebaiknya jangan diabaikan. Hal tersebut karena dapat memicu kelemahan otot yang tak bisa di remehkan.

Gejala sakit punggung yang sebaiknya tidak anda abaikan

Jika pada sakit punggung umumnya gejala hanya nyeri yang tajam dan terlokalisir di bagian punggung dan nyeri yang menjalar. berikut adalah ciri-ciri sakit pinggang yang menandakan harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Bberapa gejala tersebut diantaranya:

1. Sakit punggung yang menjalar ke bagian paha

Apabila anda kini merasakan rasa nyeri dari punggung yang menjalar ke bagian paha atau pantat, maka hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya gejala iritasi pada saraf tubuh bagian belakang (sciata). Dan meski rasa sakit itu dapat hilang dengan sendirinya, namun iritasi saraf bagian punggung bisa menyebabkan mati rasa, kesemutan dan melamahkan otot-otot.

Charla Fisher, M.D, Dokter spesialis ortopedi di New York, mengatakan bahwa gejala ini masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti pijat, terapi fisik untuk mengembaklikan kekuatan tulang belakang dan latihan peregangan setiap hari guna mengurangi gejala sakit punggung yang tengah terjadi.

2. Sakit punggung sampai menyebabkan pincang

Apabila gejala sakit punggung yang anda rasakan membuat salah satu kaki anda terasa lamah, maka sebaiknya anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Hal tersebut di khawatirkan penyebab sakit pinggung ini terjadi akibat adanya keruksakan sarafyang berada di bagian punggung bawah hingga kedua kaki anda. Adapun jika anda mengabaikannya, maka anda bisa beresiko mengalami kelemahan otot permanen.

3. Keseimbangan tubuh menjadi berukurang

Fischer memperingatkan bagi anda yanga memiliki gajala sakit punggung untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter. Ia juga menyarankan untuk menemui terapis jika sakit punggung tersebut mulai terganggu dengan menurunnya keseimbangan tubuh. Terapis juga di perlukan untuk mencegah jika sewaktu-waktu anda terjatuh. Anda akan diajari untuk cara mencegah dan jatuh yang aman tanpa harus menimbulkan masalah atau keruksakan lain pada tubuh.

4. Sakit punggung yang disertai gangguan erkemih dan buang air besar

Nyeri atau ketidak nyamanan yang hebat yang di tambah lagi dengan gangguan pencernaan atau kandung kemih bisa menjadi tanda dari sindrom cauda equina. Kondisi ini terjadi ketika adanya tekanan pada saraf di bagian bawah sum-sum tulang belakang yang terhubung ke organ panggul anda. Gejala ini umumnya cukup serius, sehingga membutuhkan operasi atau pembedahan sesegera mungkin.

5. Sakit punggung yang berimbas pada bagian tubuh lainnya

Dalam beberapa kasusu, Fischer juga mengatakan bahwasannya seluruh tubuh pasien mulai merspon rasa sakit akibat nyeri pada punggung mereka. Bermacam-macam responnya, terkadang disertai dengan demam, memnggigil atau berkeringat terutama di malam hari.

Kondisi tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa seluruh tubuh mengalami peradangan atau reaksi terhadap sesuatu yang salah. Unuk itu, sangat di sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke tempat pelayanan kesehatan setempat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait sejala sakit punggung yang sebiknya tidak Anda abaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan batu untuk kesehatan anda. Salam sehat!

5 Gejala Sakit Punggung Ini Sebaiknya Tidak Anda Abaikan | radangnyerisendi | 4.5